RSS

Ragam Susu (hanya) di Indonesia

12 Okt

“BPOM hanya mengklasifikasikan menjadi tiga, susu untuk usia 0-6 bulan (susu formula), untuk usia 6-12 bulan (follow on I), dan untuk usia 12 bulan-13 tahun (follow on II). Tapi sekarang ini muncul susu formula 4 plus, 5 plus. Kami terus terang sulit mengatur hal tersebut,” ujar Direktur Standardisasi Produk Pangan Badan POM Irawati di Jakarta.

Jika kita melihat pernyataan di atas, maka sebenarnya produk – produk susu itu hanya di bagi 3 bagian, untuk dibawah 6 bulan, biasanya ini diberikan kepada bayi yang tidak mendapat ASI exclusive, apakah karena ibu dari bayi itu meninggal dunia, sakit, atau kesibukan sehingga hanya bisa memberikan sedikit ASI.

Nah untuk usia 6 bulan sampai 1 tahun ini biasanya susu tambahan, dan lagi bayi biasanya sudah mulai mendapat makanan tambahan.Selanjutnya klasifikasi susu untuk anak itu dari 1 tahun sampai 13 tahun.

Tapi, mungkin termasuk saya, sering melihat, ada susu pertumbuhan 1, 2, 3 tahun. Ada susu pertumbuhan 4, 5, 6 tahun. Tapi ternyata, spesifikasi umur pada produk susu ini hanya di Indonesia.

Hal ini juga diungkapkan dokter spesialis anak dari Universitas Sebelas Maret, dr Endang Dewi Lestari, saat menanggapi pernyataan Irawati tersebut. Dia mengaku heran dengan adanya susu dengan label batasan usia yang spesifik ini. “Memang benar. Ini mungkin sebagai upaya untuk suplemen gizi untuk anak-anak. Tapi saya dan dokter anak lain suka tertawa melihat susu dengan label-label tertentu seperti itu. Ini hanya di Indonesia lho, di luar negeri itu tidak ada,” ungkapnya.

Makanya jangan heran, peringatan pada susu itu selalu dibilang “Tidak cocok untuk dibawah 1 Tahun”, bahkan susu kental manis yang cair sekalipun . Tdk pernah ada peringatan, “Tidak cocok untuk dibawah 3 Tahun” atau “Tidak cocok untuk dibawah 5 Tahun”.

Dari berbagai sumber.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 12, 2008 in tulas -tulis

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s