RSS

Masihkah perlu belajar COBOL, FORTRAN dan bahasa monolithic lainnya ??

09 Jun

Masihkah perlu belajar COBOL,FORTRAN, dsb ??

Waktu saya kuliah, saya teringat ada salah satu dosen saya yang mengkritik jurusan tempat saya kuliah (jtk), dia mempertanyakan apakah saya dan teman – teman masih perlu belajar COBOL padahal COBOL sudah ketinggalan zaman dan ini namanya sia – sia saja.

Saya sendiri waktu itu setuju juga dengan pernyataan tersebut walaupun saya sedikit banyak masih menikmatinya ketika mempelajari COBOL terutama saat coding. Tapi persepsi saya sedikit berubah setelah membaca artikel dibawah ini.

Application Modernization – What are we going to do with 200 billion Lines of Cobol?

Kira – kira, kemana ya perubahan persepsi saya ini. Bagi yang membaca artikel tersebut, pasti bisa menebak arah yang dituju🙂.

Tapi sepertinya programmer COBOL memang masih diperlukan. Yaa eh tidak .. ??

Selamat membaca.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 9, 2008 in tulas -tulis

 

3 responses to “Masihkah perlu belajar COBOL, FORTRAN dan bahasa monolithic lainnya ??

  1. z1d3n1

    Desember 25, 2008 at 1:17 am

    mas aku belajar cobol,aku lagi nyari ebook gratis cobol. kalo mas rizalnya tau atau punya tutorialnya kabari aku ke emailnya. jazakumullah

     
  2. bluesky26

    Oktober 13, 2009 at 1:40 pm

    Memang benar Cobol masih banyak d gunakan. Saat ini saya bekerja pd salah satu software house dgn clientnya adalah bank pemerintah terbesar, dan utk server Host (IBM AS400) masih menggunakan Cobol (tidak semua modul). So enjoy Cobol…… 🙂

     
  3. salfar

    Oktober 18, 2010 at 3:15 am

    punya link ato ebook tutorial cobol yg bhs indonesia ngga gan … ??
    mau dong klo ada …🙂
    thx …

     

Tinggalkan Balasan

