RSS

Satu Hardware lebih dari 100 OS

30 Mei

Pernah dengar 1 komputer 2 OSnya, .. itu sih sudah biasa. Bagaimana kalau 1 Komputer isinya 100 OS dan hebatnya lagi, semuanya dapat dijalankan bersama – sama.

Namanya teknologi Virtualization, dimana sang software mampu menjadi layer/lapisan diatas hardware dan sang OS tidak lagi ngobrol dengan Hardware langsung tapi dengan sang software.

Mungkin ada yang sudah tahu VMWare, salah satu teknologi Virtualization yang dijalankan diatas OS Windows. Tapi ada teknologi dan yang satu ini lain dengan VMWare, namanya Xen. Xen ini mampu menciptakan layer antara Hardware dan OS, dan masing – masing OS dapat berjalan sendiri. Hebatnya lagi, Xen akan menciptakan blok – blok quota bagi OS tersebut, seperti besarnya memori (misalnya masing -masing OS dikasih 256 MB) kapasitas Harddisk, IP sendiri -sendiri, ah pokoknya kayak hardware sendiri lagi. Dan lagi blok ini mampu menjadi benteng yang stabil, masing – masing OS tidak akan saling membebani, yaa tentunya Hardware terutama dual core atau lebih harus mendukug juga🙂

Dan lebih hebatnya lagi, teknologi ini bebas dari pungli (pungutan licensi) alias gratis, (hehehe.. akhirnya syamsu nemu lagi software murah/gratis tapi tidak murahan). Masih kurang dengan gratisnya software ini, dikasih juga source codenya, gimana gak mantap tuh.

Katanya, Xen bisa menjalankan “guest OS” istilah untuk OS yang di virtualkan dari Linux, FreeBSD sampai Windows kita yang selalu nongkrong di rumah saat main Game, (waduhh udah lama nih gak main CM atau FM atau lainnya, sibukknya minta maaff). ini kutipan dari websitenya Xen.org.

“The Xen® hypervisor is the fastest and most secure infrastructure virtualization solution available today, supporting a wide range of guest operating systems including Windows®, Linux®, Solaris®, and various versions of the BSD operating systems”

Tapi jangan – jangan support hardware sedikit, kata siapa ?? Kata di websitenya, yang mendukung mereka saat ini adalah vendor – vendor terkenal semacam AMD, Intel, IBM, HP, Cisco, dan kawan – kawannya alias dkk. Ini lihat kutipannya :

“The Xen hypervisor is a unique open source technology, developed collaboratively by the Xen community and engineers at over 20 of the most innovative data center solution vendors, including AMD, Cisco, Dell, HP, IBM, Intel, Mellanox, Network Appliance, Novell, Red Hat, SGI, Sun, Unisys, Veritas, Voltaire, and Citrix. Xen is licensed under the GNU General Public License (GPL2) and is available at no charge in both source and object format. Xen is, and always will be, open sourced, uniting the industry and the Xen ecosystem to speed the adoption of virtualization in the enterprise.”

Hebat tidak teman – teman.., ya iyaalahhh.. (pak Boby apa kabarnya, “yaa iyaalah” nya pak Boby jadi tren di TV)

Lalu apa kegunaannya?? kira – kira ini contohnya :
(Ini tidak ada lho diwebsitenya, syamsu kira – kira aja, kalau salah yaa mohon maaf yaa 🙂 )

1. Sebagai testing aplikasi, kita tidak harus punya jaringan network, tidak wajib punya komputer lebih dari 1 atau 10 atau 100, cukup satu aja yang tangguh jadi hemat listrik dan biaya, kalau upgrade jadi mudah.

2. Sebagai Multi Server yang berisi Server Web, Server Database, Server Email dimana masing – masing bisa restart sendiri. Ngapain beli server 8 core, tapi yang dipakai kenyataannya cuman 1 – 2 core sisanya nganggur gara – gara cuman diinstall satu OS aja.

3. Sebagai Virtual Server, satu Hardware banyak server seperti yang sekarang sedang ramai – ramainya di sewa – sewakan di Internet (Hostingan dsb, dll, dsp / dan saya pusing)

4. Terakhir adalah sebagai game online, rental warnet dkk, tinggal modal 1 komputer bagus terus mikirin gimana caranya bagi – bagi keyboard, mouse, USB port dan monitornya… hayoo gimana coba🙂 .

Intinya, sekarang lupakan beli server lebih dari satu, cukup dua server yang corenya banyak dan memorinya besar, 1 buat operasional satu buat backup. Kalau cuman dua upgradnya juga mudahkan.

Satu tambahan, khusus OS Windows yang mau jadi tamu, Processornya harus Intel yag mendukung VT-x atau AMD-V, processor yang Intel Core 2 Duo keatas sama AMD Athlon X2 keatas kayaknya udah mendukung, katanya sih di wikipedia.

udah yaa, lagi download Xen dari Xen.org, pengen lihat udah sampai mana.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 30, 2008 in tulas -tulis

 

Tag: , ,

One response to “Satu Hardware lebih dari 100 OS

  1. infoGue

    Juni 18, 2008 at 5:58 am

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://hardware.infogue.com/
    http://hardware.infogue.com/satu_hardware_lebih_dari_100_os

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s